Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Masak Sosis Asam Manis

Hello Sobat i! Apa kabar kalian hari ini? Semoga selalu sehat dan bahagia ya. Kali ini, kita akan membahas tentang cara masak sosis asam manis yang lezat dan nikmat. Siapa sih yang tidak menyukai masakan yang praktis dan enak seperti sosis asam manis? Nah, bagi kalian yang ingin mencoba memasaknya di rumah, yuk ikuti resep berikut ini!

Sosis asam manis adalah salah satu hidangan yang sangat populer di Indonesia. Rasanya yang manis, asam, dan pedas tentu membuat siapa saja ingin mencobanya. Biasanya hidangan ini disajikan dengan nasi putih hangat dan sayuran segar sebagai pelengkapnya. Tidak hanya itu, sosis asam manis juga dapat menjadi menu sarapan atau makan malam yang lezat. Jadi, mari kita mulai memasaknya!

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat sosis asam manis ini cukup sederhana dan mudah didapatkan. Berikut adalah bahan-bahan yang perlu disiapkan:

- 500 gram sosis ayam atau sapi, potong menjadi bagian kecil- 1 buah bawang bombay, iris tipis- 1 buah paprika merah, iris tipis- 2 buah cabai merah besar, iris serong- 3 sendok makan saus tomat- 2 sendok makan saus cabai- 2 sendok makan saus sambal- 2 sendok makan saus tiram- 1 sendok teh kecap manis- 1 sendok teh gula pasir- 1 sendok teh air asam jawa- Garam secukupnya- Merica bubuk secukupnya- Minyak sayur untuk menumis

Setelah semua bahan telah disiapkan, kita siap memasak sosis asam manis yang lezat ini. Pertama-tama, panaskan minyak sayur dalam wajan dengan api sedang. Tumis bawang bombay hingga harum dan berubah kecokelatan. Kemudian, masukkan paprika merah dan cabai merah besar. Aduk-aduk hingga bahan-bahan tersebut tercampur rata.

Setelah itu, masukkan potongan sosis ke dalam wajan. Aduk-aduk hingga sosis matang dan berubah warna. Tambahkan saus tomat, saus cabai, saus sambal, saus tiram, kecap manis, gula pasir, air asam jawa, garam, dan merica bubuk secukupnya. Aduk rata dan tunggu hingga bumbu meresap ke dalam sosis.

Setelah bumbu meresap, cicipi sosis asam manis yang sedang dimasak. Jika rasanya sudah pas, angkat sosis dari wajan dan hidangkan dengan nasi putih hangat serta sayuran segar. Sosis asam manis siap disantap!

Selain dengan nasi putih dan sayuran, sosis asam manis juga enak disajikan dengan mie goreng atau roti tawar. Anda juga dapat menambahkan irisan daun bawang atau taburan wijen sebagai hiasan pada hidangan ini. Selain itu, jika Anda tidak menyukai rasa pedas, Anda dapat mengurangi jumlah cabai merah besar yang digunakan.

Selamat mencoba membuat sosis asam manis di rumah, Sobat i! Jangan takut untuk bereksperimen dengan rasa dan bumbu sesuai selera kalian. Semoga artikel ini dapat membantu kalian dalam memasak hidangan yang lezat dan praktis. Selamat mencoba dan selamat menikmati santapan lezat ini. Sampai jumpa pada artikel berikutnya, Sobat i!

Posting Komentar untuk "Cara Masak Sosis Asam Manis"